Minggu, 13 Oktober 2013

Ketahuilah Ilmu Ilmu yang Bermanfaat bagi Saya

Meskipun dalam perjalanan hidup saya,
Saya suka belajar, rakus membaca, merenung dan memahami banyak hal dalam hidup,
Tapi akhirnya kesimpulan sementara saya hingga hari ini adalah,
Keempat rumpun Ilmu dibawah inilah yang bermanfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari saya:


Melalui Filsafat,
Segala pertanyaan-pertanyaan terakhir saya tentang hidup, menjadi terjawab sudah.
Dalam arti saya menjadi mengerti.
Hingga segala kegelisahan saya akan makna terakhir dari hidup, menjadi padam.
Hingga segala bentuk dogma, dongeng dan tahyul yang bertebaran di etalase sosial,
Menjadi lelucon bahan olok-olok bagi saya.
Singkatnya, saya menjadi bisa menjalani hidup dengan semangat yang berbinar-binar!

Melalui Psikologi,
Saya menjadi paham tentang apa makna tingkah laku manusia lalu melakukan adaptasi dengan semua itu. Dan lebih-lebih, melalui psikologi, saya jadi memahami diri saya sendiri, lebih dari sekedar menyadari bahwa saya ada.

Melalui Sains,
Saya menjadi mengetahui hal hal yang terkait dengan hukum alam, yang wujud kongkritnya melalui alat-alat rumah tangga, kenderaan dan seturusnya, yang gunanya untuk mempermudah hidup saya menjadi lebih efisien dan efektif.

Melalui Seni dan Sastra
Keberadaan saya dalam hidup menjadi semakin indah, nikmat dan penuh gelora. Karena Seni dan Sastra, membuat saya berani mengekspresikan diri secara otentik, tanpa rasa bersalah dan tanpa merasa berdosa. Lepas dari belenggu dogma agama dan dogma sosial. Singkatnya: Saya menjadi ada sebagaimana yang saya mau!

Revo Samantha
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar