Sabtu, 01 Juni 2013

Pengakuan Saya tentang Buddha bukan sebuah Agama


Bahwa Buddha itu bukanlah sebuah agama
Melainkan hanya sebuah pemikiran manusia tentang cara hidup
Karena itu Buddha tidak layak dianggap istimewa ketimbang agama
Sudah lama diberitahu pada saya
Dan saya membathinkannya tanpa tanya

Tapi semakin saya pelajari
Semakin membuat saya berdecak kagum
Ternyata Buddhisme,
Hanya hiruk pikuk di mata pemuja Abrahamik
Tapi Buddhisme sendiri,
Ternyata telaga bathin yang menyejukkan
Sebuah diam yang tak perlu digembar-gemborkan
Tapi radiasinya, bisa membuat matahari terdiam

Ternyata,
Sesuatu yang dibesar-besarkan,
Belum tentu sebuah kebermaknaan yang besar
Seringkali yang terdengar kecil,
Memberi efek yang mencengangkan diluar perkiraan

Revo Sanjaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar