Jumat, 28 Juni 2013

Cara Menjadi Penulis Otentik yang Memukau

Baiklah, akan saya bocorkan rahasia keparat ini.
Sebenarnya, sudah banyak buku artikel, essai dan entah apalagi istilahnya yang menulis tentang cara menjadi penulis. Mulai dari menjadi penulis pemula sampai menjadi penulis manula. Mulai dari cara menjadi penulis profesional, sampai dengan cara menjadi penulis asal-asalan. Mulai dari cara menjadi penulis berbayar, sampai dengan menjadi penulis gratis seperti saya ini. Tapi yang jarang anda temukan, mungkin bagaimana cara menulis keparat seperti saya.

Baik, baca kembali judul diatas.
Bagaimana rahasianya?

Saya tidak akan menjabarkannya secara teknis
Silahkan nanti anda temukan sendiri apa maksudnya.
Artinya ya, ... mikir!

Jika tujuan anda menjadi penulis adalah dengan semangat “dalam rangka”
Maka akan sulit bagi anda untuk menjadi penulis otentik.
Apalagi menjadi memukau.
Misalnya dalam rangka untuk diakui dan dipuja puji
Misalnya dalam rangka agar buku anda lewat sensor dalam sebuah penerbitan
Misalnya dalam rangka lomba penulisan.
Dan berbagai jenis dalam rangka lainnnya.

Apa sebab?
Karena laju alami dari inspirasi yang berkelebat dalam pikiran anda, menjadi mati!
Semangat menulis anda, menjadi ritual seremonial
Anda harus merusak diri dengan cara mengikuti segala format dan aturan main yang ditentukan.

Dari aura psikologis menulis demikian,
Mungkinkah terjadi sebuah tumpah darah ekspresi diri yang otentik?
Jawaban saya, nonsens!

Apakah ini artinya saya menghasut anda untuk menjadi penulis yang keras kepala?
Terserah anda. Itu tafsir anda. Yang saya maksud:
Jangan biarkan siapapun merampas originalitas tulisan anda.
Jangan biarkan faktor apapun melucuti kemurnian inspirasi anda.
Dengan segala style dan keunikan anda.
Jika akhirnya tulisan anda akan dicetak, akan dijadikan sebuah buku, itu adalah efek.
Artinya soal cetak dicetak, soal terbit diterbitkan, letakkan diakhir
Jangan diawal proses kreatif anda.
Jika dibalik, tulisan anda akan melempem.
Tulisan anda tidak akan merangsang.

Coba bedakan dengan tulisan ini.
Asli keparat bukan?
hahahaha ...!

Revo Sanjaya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar