Rabu, 11 Desember 2013

Laporan Mendalam Sebab Saya Jarang Online

Diberitahukan kepada anda yang berkepentingan dengan saya,
Baik yang berkepentingan secara langsung, seperti ingin inboxan, atau konsultasi dan sebagainya, maupun yang berkepentingan secara tidak langsung. Misalnya kangen melihat saya muncul. Atau kangen untuk menghajar saya. Dengan ini saya nyatakan. Bahwa ...

Beberapa kabel jaringan ISP saya, sedang putus total
Disebabkan bencana alam di lokasi kejadian
Kalau saya tidak salah dari laporan adminnya semalam, saat saya hubungi, itu disebabkan karena hujan badai. Jadi sampai sekarang, masih dalam proses perbaikan.

Bagi anda yang belum tahu apa itu ISP,
Kepanjangannya adalah Internet Service Provider
Yaitu pihak yang menyediakan jasa layanan paket internet
Lalu kepada merekalah kita meminta agar memasang internet di rumah kita.
Sebagai contoh, Telkom Speedy, itu termasuk salah satu ISP.
Dan ISP saya, bukan itu.
Tapi ISP swasta yang merupakan usaha pribadi.
Mereka membeli bandwidth internet ke Indosat.
Lalu bandwidth yang mereka beli itulah, yang mereka pecah menjadi bagian bagian. Dan bagian bagian itulah yang mereka jual untuk para klien atau pemesan. Contohnya saya. Saya saat ini membeli bandwidth pada mereka dengan kapasitas 1,5 MB perbulan, dengan harga Rp. 1.100.000.

Nah karena link atau jaringa kabel ISP saya ini adalah jaringan kabel milik Indosat, yang saat ini sedang putus di Pangkalan, sebuah kabupaten di Sumbar, maka dampaknya, internet ke rumah (warnet) saya pun menjadi putus. Karena aliran bandwidth dari Indosat ke ISP tersebut, putus. Dan kelanjutannya, ke rumah saya, tentu juga putus. Dan kejadian seperti ini, juga bisa menimpa bahkan sudah terjadi pada ISP manapun.

Lalu kenapa saat ini saya masih bisa meluncurkan tulisan ini?
Nah untuk berjaga-jaga, ISP saya itu, juga membeli bandwidth ke Telkom (Speedy). Tapi kapasitasnya tidak banyak. Hanya sekedar untuk backup ketika jaringan ke Indosat sedang terganggu, seperti yang terjadi saat ini. Tapi karena sifatnya hanya backup, anda bisa bayangkan, kapasitas bandwidth hanya 4 MB, dibagi rata untuk semua kliennya yang jumlahnya lebih kurang 100 IP adress (rumah). Jadinya, sangat lemot. Dan sering putus nyambung. Dengan kata lain, berhasilnya saya muncul ke internet saat ini, termasuk tulisan ini, itu hanya faktor untung-untungan.

Nah lebih kurang itulah sebabnya saya selama beberapa hari ini jarang muncul.
Atas kejadian ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Semoga saja Allah yang Maha Tidak Mau Tahu di atas sana, bisa membantu semua ini.
Tapi menurut saya, jangankan bisa membantu,
Apa itu Internet saja, Allah itu tidak mengerti.
Iya kan?

Revo Samantha
.

4 komentar: