Kamis, 01 Agustus 2013

Apa yg Dimaksud dg Teologi Agama?

Secara umum,
Teologi artinya adalah Ilmu yang mempelajari tentang Ketuhanan. Yang dipelajari misalnya adalah, bagaimana tentang keberadaan Tuhan, relasi Tuhan dengan alam dan manusia. Bahkan tentang cara bertindak Tuhan itu sendiri dalam sistem kekuasaanNya. Karena itu Teologi agama berarti sebuah Ilmu yang mempelajari tentang Ketuhanan dalam konteks sistem keyakinan sebuah agama.

Lalu jika demikian apakah perbedaan antara Teologi secara umum dengan Teologi Agama?
Teologi secara umum, tidak menyandarkan model Ketuhanan berdasarkan agama tertentu. Teologi secara umum lebih sering disebut sebagai Filsafat Ketuhanan. Yaitu sebuah kajian filosofis tentang Metafisika. Karena itu siapapun dengan latar agama apapun bisa membincangnya dengan bebas tanpa harus merasa bersalah telah mengingkari model ketuhanan agama manapun.

Sedang Teologi Agama, jelas lebih khas dari Teologi secara umum.
Karena bangunan Teologisnya dibangun sesuai model Ketuhanan yang diyakini oleh sebuah agama. Sebagai contoh, Teologi Agama Islam tidak sama dengan Teologi Agama Kristen. Apa yang disebut sebagai Tuhan dengan segala sistem keberadaanNya, tidak sama dengan apa yang dimaksud dengan Tuhan dalam sistem keyakinan agama Kristen. Begitulah seterusnya. Karena itulah Teologi merupakan lantai dasar dari bangunan sebuah agama. Hancurnya bangunan Teologis sebuah agama, sama artinya dengan hancurnya bangunan total sebuah agama. Karena itulah roh keberagamaan seseorang, sangat ditentukan seberapa tepat dan mendalam mereka memahami model Teologis agama yang dipeluknya.

Revo Sanjaya

.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar